Diduga sebagai pemicu terjadinya kekacauan

Diduga sebagai pemicu terjadinya kekacauan dalam Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Abepura, Jayapura, lima narapidana akhirnya diamankan aparat keamanan di Kepolisian Resor Kota Jayapura untuk pemeriksaan, Jumat (3/12/2010) malam.

Lima orang napi yang dibawa ke Polresta Jayapura itu, antara lain, Filep Karma dan Buctar Tabuni, yang juga dikenal sebagai Ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB), Dominggus Pulalo, Alex Elopere, dan Dani Karobaba.

Sebelumnya, para napi penghuni Lapas Abepura melakukan aksi demonstrasi dan perusakan setelah mendengar kabar bahwa salah seorang rekannya, Miron Wetipo, yang pada Jumat (3/12/2010) siang berhasil kabur dari Lapas itu dan ditembak mati oleh aparat keamanan.

"Benar ada kericuhan dalam Lapas semalam oleh penghuni, dipicu oleh tewasnya rekan mereka yang kabur dari Lapas karena tertembak," kata Kalapas Abepura Liberty Sitinjak.

Liberty Sitinjak menjelaskan, saat kericuhan terjadi, aparat keamanan dari Brimob yang sedang berjaga di Lapas itu melepaskan tembakan peringatan dan pihaknya langsung melakukan dialog dengan penghuni.

"Karena diduga menjadi penyulut kericuhan, lima orang penghuni Lapas diamankan ke Polresta Jayapura untuk dimintai keterangan," ujarnya.

0 komentar:

 
Copyright © 2012 Blogger Info All rights reserved Mas Hari Daftar Isi
Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda Promo Member Alfamart Minimarket Lokal Terbaik Indonesia