sistem peringatan dini

Pemerintah Kota Yogyakarta memasang sistem peringatan dini (early warning system/EWS) banjir lahar dingin di Kali Code, Kamis (13/1/2011). Alat itu akan menjadi sumber informasi masyarakat bantaran kali saat menghadapi ancaman banjir lahar dingin hasil erupsi Merapi.

EWS yang dipasang di Kampung Ledok Macanan, Kelurahan Suryatmajan, Danurejan, itu diresmikan penggunaannya oleh Wali Kota Yogyakarta Herry Zudianto. EWS berfungsi sebagai sarana bagi masyarakat sekitar bantaran untuk mendapatkan informasi ketinggian air di hulu Code dan potensi bahayanya bagi mereka.

EWS terdiri dari satu penerima sinyal radio dan satu pengeras suara yang memiliki radius jangkauan 500 meter. Secara rinci EWS bekerja dengan mekanisme pemantauan visual oleh petugas yang ditempatkan di hulu Code.

Hasil pemantauan diteruskan melalui sistem komunikasi radio ke operator yang berkantor di Posko Induk Banjir Code Pemkot Yogyakarta. Di posko itu informasi diolah dan dipilah sebelum diumumkan kepada masyarakat bantaran melalui pengeras suara yang terpasang.

Herry mengatakan, EWS ini sebagai salah satu alat antisipasi bencana banjir lahar Kali Code yang tidak bisa dipastikan sampai kapan dan seberapa besar. "Ini sekaligus menjadi satu-satunya pegangan informasi bagi masyarakat agar tidak bingung dengan banyaknya informasi soal banjir yang beredar. Demikian catatan online Komunitas Blogger Indonesia tentang sistem peringatan dini.

0 komentar:

 
Copyright © 2012 Blogger Info All rights reserved Mas Hari Daftar Isi
Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda Promo Member Alfamart Minimarket Lokal Terbaik Indonesia