Jaksa Agung Basrief Arief

Jaksa Agung Basrief Arief mengakui pertemuannya kemarin dengan Wakil Jaksa Agung Australia, Roger Wilkins, adalah untuk membahas soal pertukaran narapidana. Namun, wacana tersebut masih harus dikaji lebih lanjut dengan Kementerian Hukum dan HAM serta Kementerian Luar Negeri.

"Memang ada penawaran pembicaraan tentang TSP (transactional sentenced person)," ungkap Basrief, Rabu (12/1/2011), di Kejaksaan Agung, Jakarta.

Kerja sama itu adalah bentuk hubungan bilateral Indoensia dengan pemerintah Australia supaya lebih dekat. Namun, Basrief mengakui bahwa wacana pertukaran narapidana tersebut masih harus dibicarakan dengan Kementerian Hukum dan HAM serta Kementerian Luar Negeri.

"Saya akan bicarakan dulu. Tentang settle authority di sini kan Menkumham dan juga Kemenlu. Nanti kita akan bahas itu," ujarnya.

Ia menjelaskan, dengan bentuk kerja sama tersebut narapidana asal Indonesia yang ditahan di penjara Australia bisa ditukar dengan narapidana asal Australia yang ditahan di Indonesia. "Iya, kalau ada napi kita di sana, kalau ada kerjasama bisa dilakukan, ada di sini. Sebaliknya kalau mereka juga yang napi di kita, orang mereka, bisa dilaksanakan," kata Basrief.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Babul Khoir Harahap juga menjelaskan bahwa pembicaraan tersebut belum final, karena harus ada nota kesepahaman antara menteri luar negeri dan menteri hukum dan HAM. "Karena mereka yang berkepentingan. Mereka yang punya otoritas," ujarnya.

Saat ini, lanjut Babul, ada sekitar 500 warga negara Indonesia yang menjadi narapidana dan menjalani hukuman di Australia. "Mereka ngomong ada 500 WNI yang menjadi napi di Australi. Itu baru mengajukan. Nah itu mengajukan itu yang sudah inkrah. Itupun baru mengajukan," terang Babul. Demikian catatan online Komunitas Blogger Indonesia tentang Jaksa Agung Basrief Arief.

0 komentar:

 
Copyright © 2012 Blogger Info All rights reserved Mas Hari Daftar Isi
Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda Promo Member Alfamart Minimarket Lokal Terbaik Indonesia