Perhimpunan Hotel dan Restoran

Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) Sulsel menyatakan, bertambahnya jumlah kamar hotel di Makassar bisa mengakibatkan oversupply. Dengan demikian, nanti di antara hotel yang ada di Sulsel, terutama Makassar, akan terjadi perang tarif. Jika jumlah kamar hotel di Makassar sudah oversupply akan terjadi perang tarif,”kata Ketua PHRI Sulsel Anggiat Sinaga di Makassar, kemarin. Hal itu akan berdampak negatif bagi pemilik hotel.Pasalnya, tingkat pengembalian investasi (return of investment/- RoI) akan lama.“Kalau perang tarif, tentu akan berpengaruh ke harga. Ini dikhawatirkan akan terjadi Makassar nanti,” ujarnya.

Dia mengatakan, dalam catatan PHRI, di Makassar saat ini telah ada 5.535 kamar yang terdiri atas hotel bintang dan nonbintang.“Diprediksi, pada 2013 nanti akan ada 8.000 kamar yang tersedia,” ungkapnya. Pada 2013, akan ada sekitar 11 hotel bintang yang akan dibangun dan siap beroperasi. “Novotel Sheyla memiliki 250 kamar, Hotel Karebosi sebanyak 225 kamar, Hotel Celebes Convention Centre (CCC) sebanyak 222 kamar,”paparnya.

Akan berdiri juga Smile Hotel milik Indonesia Mitra Bersama (IMB) Group sebanyak 150 kamar, Hotel Bintang Grup Tanjung Bunga sebanyak 300 kamar,Hotel Tanjung Banua sebanyak 100 kamar,Hotel Santika, Tanjung Bunga, Gramedia grup sebanyak 175 kamar,” katanya. Termasuk Hotel Amaris Tanjung Bunga, Gramedia Grup sebanyak 150 kamar, Hotel Swissbel Fort Rotterdam 250 kamar, Budget Hotel Jalan Perintis 150 kamar, Hotel Aston Patompo Group 150 kamar,”ujarnya.

Ini termasuk dua hotel bintang yang siap beroperasi pada awal 2012,yakni Swissbel Panakukang sebanyak 178 kamar, Aston Hasanuddin 187 kamar, dan penambahan kamar beberapa hotel bintang, seperti Grand Clarion Hotel tambah 222 kamar atau setara dengan kehadiran satu hotel bintang empat, Mercure Hotel sekitar 75 kamar. Menurutnya, data tersebut belum termasuk penambahan hotel nonbintang.“Diperkirakan selama 2012 sampai dengan 2013, akan tumbuh sekitar 2.200 kamar atau bertambah sekitar 45% dari jumlah kamar yang sudah ada saat ini,”pungkasnya.

0 komentar:

 
Copyright © 2012 Blogger Info All rights reserved Mas Hari Daftar Isi
Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda Promo Member Alfamart Minimarket Lokal Terbaik Indonesia