PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo)

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga untuk membangun pengelolaan jasa kepelabuhan di kawasan itu. Langkah ini sekaligus dalam upaya meningkatkan pelayanan Pelabuhan Sibolga. Penandatanganan nota kesepakatan atau memorandum of understanding (MoU) dilakukan oleh Direktur Utama Pelindo I Harry Sutanto dan Wali Kota Sibolga M Syarfi Hutauruk, kemarin. Saat penandatanganan kerja sama tersebut, Harry menyebutkan bahwa Pelindo I akan bermitra dengan siapa saja untuk memajukan Pelabuhan Sibolga, termasuk dengan Pemko setempat.

“Kerja sama ini adalah bentuk sinergitas antara BUMN dan BUMD. Pelindo I sebagai BUMN dan Pemko melalui BUMD. Melalui kerja sama ini diharapkan dapat menggali potensi ekonomi yang ada di daerah setempat untuk bisa dikreasikan,”jelas Harry. Harry menjelaskan,pada 2011 ini Pelindo I akan terus melakukan perbaikan layanan kepada pengguna jasa di Pelabuhan Sibolga.“ Selain memberi nilai tambah bagi perusahaan,dengan adanya kerja sama ini Pelindo I turut melakukan marketing atau pemasaran atas potensi yang dimiliki Kota Sibolga,”ungkapnya.

Bentuk kerja sama ini adalah pengelolaan areal tanah milik Pelindo I yang tidak terpakai untuk dimanfaatkan Pemko melalui BUMD untuk membangun kios sebagai tempat memasarkan hasil kerajinan tangan industri rumah tangga berbasis perikanan dari Kota Sibolga. Peluang lain yang bisa digarap BUMD Sibolga adalah pembangunan cold storage untuk penyimpanan ikan sehingga harga ikan bisa terkontrol. Wali Kota Sibolga M Syarfi Hutauruk mengharapkan agar kerja sama ini bisa menggali potensi sumber pendapatan bagi Kota kecil Sibolga. “Kami berharap kerja sama ini bisa memajukan potensi Kota Sibolga, seperti potensi pariwisata sehingga berdampak pada peningkatan perekonomian Kota Sibolga,”harap Syarfi. Di Sibolga,Pelindo I mengelola pelabuhan yang merupakan Cabang dari Pelindo I.

Pelabuhan Sibolga merupakan salah satu cabang Pelabuhan Pelindo I yang selama ini belum menguntungkan. Pelabuhan Sibolga melayani penumpang dan barang. Pada 2011 ini, investasi Pelabuhan Sibolga akan difokuskan pada penguatan dermaga. Manajemen Pelindo I terus berupaya berbenah untuk meningkatkan pelayanan pengguna jasa di Pelabuhan Sibolga. General Manager PT Pelindo Sibolga Hotma Sihar Sihite mengungkapkan, pada 2011 ini Pelabuhan Sibolga akan melayani pertambangan dari hinterland Sibolga.

Selain itu, pelabuhan Sibolga secara reguler akan melayani kapal peti kemas Meratus Line 2-3 call per bulan. “Kami yakin, pada tahun ini Pelabuhan Sibolga akan dapat mencapai target laba,”tegas Sihite. Demikian catatan online Blogger Info tentang PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo).

0 komentar:

 
Copyright © 2012 Blogger Info All rights reserved Mas Hari Daftar Isi
Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda Promo Member Alfamart Minimarket Lokal Terbaik Indonesia