Pengambilan Sampel Darah Terhadap Pekerja Kafe

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Luwu Utara bekerjasama LSM pemerhati kesehatan akan melakukan pengambilan sampel darah terhadap pekerja kafe, rumah makan, dan panti pijat. Hal itu bertujuan memantau penyebaran dan penularan penyakit infeksi menular seksual (IMS) dan HIV/AIDS di empat kecamatan yaitu Sabbang, Mappedeceng, Sukamaju dan Bonebone. Kepala Seksi Pencegahan Penyakit Menular (P2M) Dinkes Lutra Syukri mengatakan, kegiatan tersebut akan digelar 25-26 Mei 2012 melibatkan LSM, dokter, petugas puskesmas dan kesehatan kabupaten.

Targetnya yakni 200 sampel darah yang selanjutnya diteliti di laboratorium Dinkes Sulsel. “Zero survey yang dilakukan sekali setahun ini untuk mengetahui sekaligus meminimalisir penyakit IMS dan HIV/AIDS di masyarakat,” katanya. Pengambilan sampel darah ini hanya mencantumkan usia dan lokasi atau wilayah di mana sampel darah tersebut diambil. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga kerahasiaan penderita IMS maupun HIV/AIDS.

Diakui Syukri, pihaknya kerap mengalami kesulitan saat melakukan kegiatan zero survey lantaran objek sasaran lebih dulu meninggalkan tempatnya sebelum petugas datang. Padahal, zero survey ini penting untuk mereka sebagai pihak yang berisiko, maupun masyarakat lainnya yang kemungkinan melakukan kontak fisik dengan yang sudah tertular.

Disinggung jumlah pengidap HIV/AIDS di wilayah Kabupaten Lutra, yang mencapai 13 orang, Syukri tidak menampik. Namun menurutnya, data tersebut belum final karena penyebaran virus ini seperti fenomena gunung es. Bisa saja banyak penderita yang tidak terdata

0 komentar:

 
Copyright © 2012 Blogger Info All rights reserved Mas Hari Daftar Isi
Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda Promo Member Alfamart Minimarket Lokal Terbaik Indonesia