Nilai tukar petani

Ping dari Blogger Info untuk keyword Jasa Export Import dalam topik Nilai tukar petani. Nilai tukar petani (NTP) di Sulsel pada Agustus lalu mencapai 108,16 atau mengalami penurunan sekitar 0,33% dibanding bulan sebelumnya yang mencapai 108,52. Penurunan itu disebabkan kenaikan indeks harga hasil produksi pertanian lebih kecil dibandingkan dengan kenaikan indeks harga barang dan jasa yang dikonsumsi oleh rumah tangga maupun untuk keperluan pertanian.

Dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel terlihat ada empat subsektor NTP yang mengalami penurunan. Yakni, padi dan palawija sebesar 0,44%, hortikultura 0,50%, peternakan 0,67%, dan perikanan 0,86%.

Kepala Bidang Distribusi BPS Sulsel Anwar Haris menjelaskan, NTP untuk subsektor padi dan palawija terjadi penurunan 0,44% disebabkan perubahan indeks yang diterima petani 0,89% relatif lebih kecil dibandingkan perubahan indeks yang dibayar petani sebesar 1,34%.

Wakil Ketua Kadin Sulsel Ilham Alim Bahri berharap agar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel membantu petani hingga ke tingkat ekspor produk pertanian. “Pembinaan terhadap petani sangat penting, utamanya memberikan informasi harga yang akan diterima petani,” kata Ilham. Demikian catatan online Blogger Info yang berjudul Nilai tukar petani.

0 komentar:

 
Copyright © 2012 Blogger Info All rights reserved Mas Hari Daftar Isi
Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda Promo Member Alfamart Minimarket Lokal Terbaik Indonesia